Harapan baru di tahun 2011


Memulai awal tahun 2011 ini harapan masyarakat Indonesia akan perubahan – perubahan yang fundamental dalam pemerintah menjadi impian dan visi di tahun 2011. Tentunya tidaklah salah bila masyarakat sekarang ini sangat ingin melihat perubahan sisi kepemerintahan Indonesia, karena kondisi bangsa dan negara saat ini sangatlah kacau balau seolah-olah tidak ada yang benar dimata masyarakat. Ini dapat terlihat dari reaksi masyarakat Indonesia menyikapi banyak kasus – kasus yang akhir – akhir ini mencuat ke khalayak ramai, sebagai contoh adalah kasus Gayus HT yang mengagak kan kita semua. Dimana setiap elemen – elemen hukum dapat sisetir dengan mudah untuk menyelesaikan permasalahannya, kondisi ini sangat menyudutkan lembaga hukum di Indonesia. Karena cepat atau lambat akan melemahkan hukum di Indonesia. Banyak oknum lembaga hukum yang pastinya terlibat dalam sekenario besar ini. Sekarang yang menjadi pertanyaan kita adalah Bagaimana kalo hal ini dibiarkan berlanjut?. Hmmm…pastinya negara kita akan menjadi sangat rusak dan hancur karena pilar-pilah hukum sudah dalam keadaan kronis, dimana para aparatur didalamnya banyak yang menjadi bagian dari sekenario besar ini. Lantas apa yang harus diperbuat oleh masyarakat saat ini ? Menjadi penonton setia? atau harus bagaimana?

Pertanyaan – pertanyaan tentunya akan banyak terlintas dipikiran kita dan siapa yang akan menjawab pertanyaan tersebut? Pemerintah? Masyarakat? Atau siapa kah?. Memang negeri ini dalam keadaan SOS dimana bila tidak bisa keluar dari semua masalah ini akan menjadi negara yang gagal dan akan menjadikan pencitraan yang buruk bagi negeri ini. Lalu masihkah kita akan berharap kepada pemerintah? Masihkah ada harapan itu?. Memang sedikit memusingkan keadaan seperti ini tetapi pastinya selalu ada solusi dan jalan untuk keluar dari semua ini.

Hal yang utama yang harus dilakukan kita semua adalah ikut serta mengawasi dan memberikan aksi dan reaksi atas masalah ini, jangan menjadi masyarakat yang pasif yang hanya bisa melihat berita dan berkomentar saja. Lakukanlah sesuatu untuk menjadikan Indonesia terbebas dari masalah ini contohnya yaitu ikut serta memberikan tekanan  kepada pemerintah dan lembaga-lembaga didalamnya. Tidak memberikan atau mentoleriri kegiatan-kegiatan yang merugikan negara misalnya menghindari suap , menaati peraturan yang ada, dst

Lemahnya wakil – wakil rakyat di DPR disinyalir juga menjadi pemicu lambannya proses pencarian fakta dan penyelesaian dari masalah – masalah ini. Dimana kewenangan dan aspirasi rakyat telah disampaikan ternyata dalam realisasinya anggota DPR sangatlah lambat dalam menyikapi semua masalah tersebut. Sebagai masyarakat biasa penulis kami hanya bisa menitipkan asa kepada anggota DPR, segengam harapan untuk Indonesia yang lebih baik kedepan. Jangan sampai masyarakat kecewa kembali dan terus kecewa dan dikecewakan oleh wakil-wakil rakyat. Mereka dipilih untuk menyampaikan aspirasi bukan untuk menyenangkan diri sendiri.

Menjadi keperihatinan kita bersama kondisi seperti ini tetapi setidaknya harapan masih ada untuk menjadikan Indonesia lebih baik. Jangan takut untuk berbuat baik dan maju terus pantang mundur.

Bukan hanya masalah itu yang menjadi harapan masyarakat Indonesia, masih banyak harapan – harapan bangsa kita, mulai dari kondisi perekonimian, kondisi sumber daya manusia, pendidikan, dan lain-lainnya. Terutama harapan terciptanya Good Government yaitu pemerintahan yang bersih dan transparan. Baik bersih dari segala bentuk korupsi , kolusi dan  nepotisme maupun transparan dalam menyelenggarakan pemerintahan dan perekrutan pegawai dikalangan pemerintahan. Sudah cukup cerita masa lalu yang suram itu, sudah saatnya pemerintah kita menjadi pemerintah yang dibanggakan rakyatnya.

Hilangkan budaya – budaya buruk, bila perlu tumbas tuntas semua yang tidak mendukung terciptanya pemerintah yang bersih dan transparan. Hilangkan politik suap, Hilangkan praktek – praktek percaloan pegawai, dan Hilangkap praktek – praktek markup di setiap kegiatan.

Dan jadilah masyarakat yang kritis……..

by : 3rest

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s