Manfaat lebih dari KTP Online


Bangsa Indonesia akan mengalami reformasi besar di bidang kependudukan, sebuah reformasi birokrasi yang harus kita dukung dan kita kawal dalam prosesnya. Membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah seuatu hal yang sebenarnya mudah waktu lalu tetapi sangatlah memeprlukan waktu yang lama bisa 2 sampai 3 hari. Itu belum termasuk lamanya proses antrian dan ribetnya formulir – formulir yang harus diisi serta daftar tempat – tempat yang harus dikunjungi mulai dari RT, RW, Kepala Desa, Kelurahan, dan Kecamatan. Hmmmm….sungguh sangat melelahkan proses seperti itu dan tidak relevan dengan keadaan sekarang ini yang serba instan dan berbasis elektronik.

Terobosan yang dilakukan pemerintah dengan mengeluarkan program KTP Online sedikit memberikan harapan baru bagi perkembangan proses administrasi kependdukan di Indonesia. Tentunya akan banyak manfaat yang diperoleh dengan aktifnya program KTP online yang terintegrasi dengan system sidik jari di Kepolisian Negara RI, yang tentunya akan membuat semuanya lebih mudah, simple dan efisien dalam waktu. Manfaat lain dari terintegrasinya system ini yaitu mempermudah penyimpanan data mengenai penduduk yang dapat diakses dari mana saja karena database nya terdapat dalam suatu server milik pemerintah, contohnya ketika seseorang sakit tiba-tiba disuatu tempat yang tidak ada sanak saudara, maka dengan system KTP Online ini dapat dilakukan pengecekan riwayat kesehatan sehingga dapat dilakukan tindakan medis secara tepat dan akurat terhadap pasien.

Manfaat lain dari program KTP Online ini adalah dapat dijadikan sebagai dasar penetapan Daftar Pemilih Tetap pada Pemilihan Umum baik dalam pemilu Presiden ataupun pemilu daerah.  Dengan system ini juga tidak terkotak-kotak lagi dalam proses pembuatan Pasport, Pengurusan Pajak, dll. Karena system KTP Online ini adalah system yang menyeluruh diseluruh daerah di Indonesia. Selain itu maanfaat lainnya yaitu KTP dapat di cetak dalam waktu yang cepat.

Bahkan dengan system ini, anda dapat melakukan pembuatan Paspor secara online juga yang tentunya akan semakin mempermudah setiap penduduk yang akan membuat Paspor. Untuk itu kita semua perlu menyambut baik trobosan ini karena secara teori memang dapat dijadikan andalan dan tumpuan dalam proses administrasi lainnya yang berhubungan dengan kependudukan.

Namun berbagai manfaat tersebut tidaklah berarti bila dalam pelaksanaannya masih ada penyimpangan serta menyalahgunakan kemudahan-kemudahan tersebut untuk perbuatan kejahatan. Semua warga negara wajib mengawal proses reformasi administrasi ini. Jangan sampai system yang telah dibuat yang bertujuan untuk mempermudah ini malah menjadi ajang untuk memperloleh keuntungan-keuntungan oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu system keamanan server dan system alur datanya harus dapat dijaga oleh orang professional dibidangnya yang dapat menjaga rahasia. Karena dengan sitem online ini secara pelan tapi pasti kerahasiaan penduduk akan sedikit terganggu karena data yang dapat diakses darimana saja. Untuk itu perlu kesadaran bagi setiap masyarakat untuk senantiasa menjaga system ini.

Lebih jauh dalam konsep administrasi kedepan semoga system KTP Online ini dapat dijadikan contoh dan dapat diterapkan bagi pembuatan SIM, SKCK, Pengurusan Tanah serta Proses Identifikasi Kejahatan sehingga proses penyelidikan oleh pihak Kepolisian dapat mudah dan kasus dapat seselai secara cepat dan akurat. Dan semoga proses administrasi diindonesia dapat dilakukan secara online untuk memangkas birokrasi yang terlalu berbelit-belit di negeri ini.

Harapan baru masyarakat Indonesia pada system KTP Online ini sangatlah besar, perubahan untuk masa depan yang lebih baik.

By :

3rest

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s