Ilmu Budaya Dasar sebagai konsep kesastraan..


Perubahan zaman bergerak semakin cepat seiring dengan berubahnya peradaban manusia menuju teknologi yang canggih dan mumpuni. Terlepas dari itu semua ada yang lambat laun hilang dan menjadi susah ditemui dimasa-masa sekarang ini, yaitu kesastraan dalam arti nilai-nilai hasil kesastraan yang mengena dan aplikatif terhadap kehidupan sehari-hari manusia sekarang ini. Ini semua tak lepas dari pengaruh pemoderenan zaman yang begitu cepat dan tidak bisa terkendali lagi. Dunia kesastraan sudah maju dan sangat bebas dalam mengekspresikannya tetapi nilai luhur masih kurang terkandung didalannya, karena karya sastra saat ini lebih bergaya bebas tidak terkait atas isu-isu yang harus disikapi dan dilakukan pembenahan. Seperi contoh dahulu karya sastra berbentuk puisi yang sampai saat ini masih selalu kita dengar gaungnya.

Nah apa seh pengaruhnya Ilmu Budaya Dasar dalam kesastraan? Pertanyaan seperti ini mungkin sangat mudah untuk dijawab tetapi sangatlah sulit untuk dipahami, karena banyak yang tidak tahu dan tidak mengerti apa ilmu budaya dasar itu sebenarnya. Jadi ilmu tersebut adalah ilmu dimana kita harus memahami dan mengerti keaadan lingkungan sekitar kita, mengenai kejadian-kejadian apa saja yang terjadi saat ini dan bagaimana prospek penyelesaian masalahnya kedepan nantinya.  Ilmu ini yang sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat saat ini, karena dilihat dari prosentase saat ini masyarakt rata-rata telah jenuh dengan pemberitaan dan isu-isu mengenai kehidupan dan kejadian-kejadian penting saat ini. Merasa semua kejadian itu hanya biasa dan tidak perlu dihiraukan apalagi dipikirkan untuk penyelesaiannya.

Maka dari itu semua makna Ilmu budaya dasar bagi kesastraan juga memberikan dampak dan manfaat yang besar. Karena dengan demikian akan kembali lagi nilai-nilai kesastraan yang luhur dan peduli terhadap nasib bangsa sekarang ini. Biar nanti cucu kita dapat mendengarkan cerita sejarah negeri lewat sebuah sastra yang dikemas indah dan mudah dipahami. Ilmu budaya dasar merupakan sebuah inspirasi bagi kesastraan diIndonesia karena selain mengajarkan topik-topik bahasan dalam kesastraan juga menjadikan Mahasiwa mengerti dan memahami tata cara penulisan kesastraan yang baik dan benar, indah dan mudah dimengerti oleh masyarakat baik tingkat pendidikan bawah maupun tingkat pendidikan tinggi.

Namun itu semua belum cukup bila tidak didasari niat dan tekat yang kuat dari mahasiswa penerima ilmu budaya dasar. Sebuah kemauan yang besar akan merubah wajah sastra Indonesia yang mungkin akan lebih baik kedepan dan menjadikan sebuah perwujudan nilai seni tinggi yang dapat dihargai dan dipuja-puja dunia.

Dari mata peajaran inilah sebuah perubahan dan konsep kesastraan masa depan akan muncul dan menjadi bagian dari sastra Indonesia dan Dunia.

By : 3rest

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s