Kaitan Tanggung Jawab dan Manusia…


Manusia sangatlah erat kaitannya dengan tanggung jawab, karena manusia terlahir didunia ini dan bermasyarakat di dunia ini mempunyai hak dan kewajiban yang harus mereka lakukan didalam kehidupan sehari-hari. Semua itu tentunya tidak terlapas dari masalah tanggung jawab yang harus dilakukan pula oleh manusia itu sendiri. Tanggung jawab adalah bentuk kepedulian dari akibat tindakan atau perbuatan yang telah dilakukan baik yang berakibat merugikan orang lain ataupun yang menguntungkan bagi orang lain dan diri sendiri. Tanggung jawab adalah sebuah kata yang mudah diucapkan sehari-hari namun sangatlah sulit untuk dijalani dalam kehidupan, apalagi kalo sudah menyangkut tanggung jawab yang merugikan orang lain. Kenapa manusia harus bertanggung jawab? Jawabnya adalah karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian dan memerlukan interaksi dengan orang dan lingkungan sekitar. Dengan tanggung jawab manusia dapat terkontrol dalam melakukan perbuatan dan tindakan yang baik ataupun burut karena meyakini dan mempercayai bahwa kelak dia akan mempertanggung jawabkan perbuatan itu. Dari sudut pandang lain tanggung jawab ini adalah sebuah sifat yang terpuji dan patut dicontoh, karena dalam agama juga diterangkan bahwa manusia harus berani bertanggung jawab atas perbuatan yang ia lakukan.

Dalam prakteknya masalah tanggung jawab ini dipengaruhi oleh :

– Perbuatan yang dilakukan

– Akibat dari perbuatan itu (baik kerugian maupun keuntungan)

– Konsekuensi yang harus ditanggung kelak

Masalah tanggung jawab ini erat pula kaitannya dengan masalah hukum, karena hukum adalah sebuah piranti yang pasti utuk mengukur dan menentukan tingkat tanggung jawab yang harus diberikan kepada si penanggung dan apa yang harus dilakukannnya. Contoh : Seseorang yang melakukan pencurian atau perampokan yang mengakibatkan kerugian bagi korbannya, tentunya mereka juga kelak akan mempertanggung jawabkan dosa yang telah mereka lakukan. Tetapi mereka tetap dapat dijerat dengan tanggung jawab material dan moral melalui penegakan hukum.  Tanggung jawab ditentukan oleh keputusan sidang apakah dibebaskan dari tanggung jawab atau harus menjalani konsekuensi dari perbuatan sebagai bentuk tanggung jawab.

Nilai-nilai tanggung jawab ini sangatlah perlu ditanamkan bagi generasi penerus bangsa, agar generasi penerus bangsa merasa punya tanggung jawab yang lebih menyangkut masalah bangsa dan negara. Karena akibat dari pudanya nilai tanggung jawab ini sangatlah fatal dan akan mengakibatkan kekacauan-kekacauan seperi :

– Akan terjadi konfilk horisontal antar masyarakat

– Saling menyalahkan dan menuduh atar berbuatan yang dilakukan

– Tidak tercipta kedailan yang hakiki

– Masyarakat akan bertindak sesuai apa yang dia inginkan

Maka dari semua itu pentingnya nilai tanggung jawab sekarang ini, terutama tanggung jawab bersama menyangkut masalah bangsa dan negara yang sekarang kita hadapi bersama saat ini. Bagaimana nilai tanggung jawab kita sebagai Warga Negara dan sebagai aspirator negara diuji. Karena keberhasilan atau kegagalan suatu negara bukanlah kesalah dan tanggung jawab Presiden tetapi adalah tanggung jawab rakyat seutuhnya.

Bertanggung jawab dapat dimulai dari suatu hal yang kecil, yaitu bertanggung jawab atas diri sendiri kepada orang tua, bertanggung jawab atas apa yang dikerjakan dan dilakukan. Sedangkan sebagai mahasiswa tanggung jawab kita adalah bagaimana kita dapat belajar dengan baik dan ilmu kita dapat bermanfaat bagi negara ini nantinya.

by : 3rest

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s