Pengertian Organisasi


Kata organisasi mungkin familiar ditelinga kita, karena sering disebut-sebut dalam berbagai kepentingan. Sebenarnya apakah organisasi itu? Organisasi berasal dari bahasa Yunani : ὄργανονorganon – alat. Organisasi adalah sekelompok orang atau masa dalam suatu wadah yang mempunya visi dan misi yang sama untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi umumnya dipelajari dalam Ilmu Sosial yang biasanya digunakan sebagai tempat atau wadah orang-orang untuk berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.  Ada beberapa pendapat mengenai teori organisasi berikut antara lain adalah :

1. Stoner

Beliau mengatakan bahwa organisasi merupakan suatu pola hubungan-hubungan yang melalui orang-orang dibawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.

2. James D. Mooney

Beliu mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3. Chester I. Bernard

Beliau mengemukakan pendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Dalam kata sederhana Organisasi adalah  suatu bentuk persyerikatan ato kelompok yang mempunya visi dan misi yang sama dalam mencapai tujuan yang ditentukan. Sebagai contoh adalah Organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan dan organisasi sosial. Mereka bersertikat dan mempunyai misi yang tentunya sangat positif bagi bangsa dan negara ini. Setiap orang / warga negara berhak ikut atau turut serta dalam sebuah organisasi. Poin ini tersebut jelas dalam UUD 1945 yang menyatakan kebebasan bersyerikat dan berkumpul. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya.

Dalam sebuah oranisasi pastinya terdapat unsur manajeman, sebenarnya apakah yang dimaksud manajemen itu?. Manajemen merupakan suatu sarana untuk mencapai tujuann dari sebuah organisasi dengan memanfaatkan prasarana yang tersedia secara maksimal sehingga terwujud tujuan dari organisasi itu sendiri. Manajemen merupakan kegiatan utama yang harus dilakukan pimpinanorganisasi yang mengolah input menjadi output melalui proses manajemen.

Manajemen dan organisasi sangat erat hubungannya karena suatu organisasi yang baik, membutuhkan manajemen yang baik, begitu juga sebaliknya, suatu manajemen yang baik membutuhkan organisasi yang baik, yang memiliki orang-orang terampil, kreatif serta mampu bekerja secara tim untuk mewujudkan cita-cita yang ingin dicapai oleh organisasi.

Dalam sistem manajemen organisasi banyak dipengaruhi oleh individu setiap pemangku kebijakan, karena dengan pengurus manajeman yang baik maka organisasi itu akan dapat menjapai tujuannya dan terus berkembang sehingga tidak akan lekang oleh jaman.  Banyak terlihat sat ini adalah organisasi musiman yang sering muncul dan hilang begitu saja. Itu semua tak lepas dari fungsi manajemen yang gagal dan kurang profesional. Banyaknya organisasi yang tak terkendali dan sering ugal-ugalan melanggar hukum dan norma yang berlaku dimasyarakat juga merupakan cerimanan kegagalan dalam manajemen organisasi. Untuk itu agar manajeman organisasi berjalan dengan lancar perlu dilakukan pemilihan sususan menajemen atau pengurusan secara fair dan transparan.

Selain manajemen juga terdapat unsur yang lain yaitu unsur Tata kerja. Pengertian dari Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana untuk menjadikan sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen organisasi dapat dilaksanakan dengan tepat pula. Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk:

1. Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

2. Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.

3. Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.

Hubungan Tata kerja dengna Manajemen organisasa sangatlah erat kaitannya. Hubungan tersebut meliputi hubungan bagaimana seorang pimpinan A dan pimpinan B dalam sebuah organisasi dapat bekerja dan melakukan tugasnya masing-masing tanpa adanya singgungan atau mengerjakan sesuatu yang diluar bidang kemampuannya. Sehingga bila manajeman tata kerja ini dapat berjalan baik maka manajemen organisasi juga akan berjalan lancar sesuai alurnya dan dapat mencapai tujuan organisasi dengan lebih mudah tanpa adanya gangguan dari internal suatu organisasi.

Ketiga macam hubungan tersebut diatas sangatlah erat kaitannya dengan hubungan timbal balik atau feed back bagi seuatu organisasi, hal tersebut dapat dijelaskan yaitu :

1. Manajemen merupakan sebuah proses kegiatan untuk pencapaian tujuan melalui kerjasama antar sesama manusia.

2. Organisasi merupakan sebuah alat  / wadah bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama antar manusia.

3.  Tata kerja merupakan pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuannya tercapai secara efektif dan efisien.

Dari ketiga konsep tersebut jelas ketiganya mempunya hubungan yang sangat erat dan memberikan andil yang sangat besar bagi tercapainya suatu tujuan dari sebuah organisasi. Namun yang perlu diperhatikan bahwa tujuan tersebut tidak akan tercapai apabila dari ketiga unsur diatas ada yang memiliki kecatatan atau rusak, karena sesungguhnya ketignya merupakan suatu elemen yang tidak akan pernah terpisahkan. Suatu organisasi akan berhasil bila tujuannya tercapai dan dinilai baik oleh masyarakat sekitar.

Sumber : Universitas Gunadarma, Wikipedia, dan sumber lainnya.

One thought on “Pengertian Organisasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s