Organisasi sebagai komponen bangsa


Siapa yang tak kenal dengan istilah organisasi?. Rasanya di era sekarang ini berorganisasi sudah menjadi hal lazin di negeri ini mengingat negeri ini adalah penganut sistem demokrasi. Setiap warga negara berhak menyampaikan pendapat dan kreatifitasnya. Oleh sebab itu berorganisasi menjadi sebuah hal yang sangat biasa saat ini.

Menurut UUD 1945 “setiap warganegara berhak untuk berkumpul dan bersyerikat” yang berarti setiapwarga negara berhak untuk membentuk dan masuk dalam sebuah organisasi. Tetapi perlu disadari bahwa kebebasan dalam berorganisasi ini tidak memiliki artian bahwa setiap orang dapat berorganisasi sebebas-bebasnya, tetaplah ada suatu batasan yang harus dipatuhi oleh setiap warga negara. Contoh simplenya adalah adanya organisasi bersenjata ataupun organisasi terlarang lainnya yang didalam kegiatannya dapat memicu peseteruan dan perpecahan bangsa. Maka pemerintah menetapkan suatu aturan bahwa setiap organisasi haruslah mempunyai izin dari departemen terkait.

Dengan adanya organisasi dimasyarakat otimatis akan meningkatkan kehidupan masyarakat tersebut. Karena organisasi biasanya dibentuk untuk suatu tujuan yang pada akhirnya memajukan para anggota organisasi dan bahwakan orang diluar organisasi. Perlu disadari pula bahwa organisasi sudah sangat melekat pada siswa dan mahasiswa di Indonesia. Sejak dini mereka dilatih untuk berorganisasi dan berkumpul serta menyampaikan pendapat didalam organisasi. Dengan organisasi para siswa dituntut untuk lebih kritis dan sigap dalam menyikapi sebuah kondisi di lingkungan sekitarnya.  Begitu juga dengan organisasi yangditerapkan dimasyarakat, akan membuat peka dan sensitif akan keadaan lingkungannya. Karena biasanya pemimpin organisasi berasal dari orang intelektual makan anggota organisasi pun akan mulai berfikir intelektual dan tidak mengandallkan kekuasan seprti jaman dahulu.

Tidak sampai itu dengan organisasi juga dapat membenahi bangsa ini, karena terdapt bermacam-macam jenis organisasi menurut tipenya yaitu :

1. Organisasi Kemayarakatan

2. Organisasi Politik

3. Organisasi Permulaan

Organisasi masyarakat ini seperti yang terlihat saat ini  adalah seperti organisasi keagamaan, kebudayaan dan semua yang berhubungan dengan masyarakat. Seperti organisasi dalam bidang pertanian, peternakan dan perkebunan. Menurut fungsinya organisasi ini lebih cenderung kepada peningkatan mutu dan kualitas kehidupan bermasyarakat.

Organisasi politik yaitu organiasi kepartaian yang sering disebut partai politik, adalah sebuah organisasi yang bertujuan untuk kekuasan suatu bangsa. Politik di Indonesia dapat dikatakan sudah mulai baik dan kondusif tetapi masih saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam kegiatan berpolitik tersebut, namun itu semua juga termasuk suatu pebelajaran dalam berorganisasi.

Oranisasi permulaan yaitu organisasi yang ditujukan untuk para pelajar mahasiswa yang didalam organisasinya memiliki suatu tujuan terbatas dan mencakup kalangan terbatas saja. Dapat dikatakan bahwa organisasi ini masih bersifat sebagai organisasi pembelajaran didalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Jadi, organisasi itu sangat erat kaitannya dengan kehidupan berbangsa dan bernegara, dengan organisasi pemimpin bangsa dipilih dan dengan organisasi masyarakat menjadi lebih pintar dan pandai. Organisasi menjadi penting pada zaman dulu sebagai lebaga pemersatu bangsa, dengan berdirinya organisasi maka perjuangan rakyat Indonesia pada masa penjajahan lebih terstruktur dan terkoordinir. Organisasi merupakan gerbang kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

Writted by :

Tri Resmi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s