Menentukan ragam bahasa (tugas bahasa indonesia 3)


Nama :

Tri Resmiyanto 16110963

Haposan Simanjuntak

ARTIKEL ke 1

Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer. Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda. Dari layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau file data yang hendak dibuka.

RAGAM BAHASA YANG DIGUNAKAN

Ragam Bahasa dalam artikel tersebut diatas adalah ragam bahasa formal atau resmi

DIKSI DAN DEFINITIF

User interface

Penerjemahan  : Pengguna

Penerapan         : Pengguna

Dashboard

Penerjemahan  : Papan Visualisasi

Penerapan         : Panel Pada Komputer

File
Penerjemahan  : Berkas
Penerapan         : Dokumen

Switch

Penerjemahan  : Beralih

Penerapan         : Beralih

PERBAIKAN KALIMAT

Dikarenakan artikel tersebut menurut kami kurang efektif maka kami perbaiki menjadi :

Ketika kita pertama membuka komputer maka dilayar monitor akan muncul antar muka pengguna yaitu sebuah tampilan yang dapat dikontrol oleh penggunanya yang sering disebut desktop. Fungi desktop yaitu untuk menampilkan sebuah cuplikan isi dari sistem operasi komputer layaknya dasboard yang terdapat pada mobil. Dari antar muka tersebut anda dapat melakukan pemilihan program aplikasi secara cepat dan mudah.

Topik

Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna  yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer.

Opini

User Interface merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna. Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehinggakomputer tersebut bisa digunakan.

ARTIKEL ke 2

Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic)untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging , integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.

RAGAM BAHASA YANG DIGUNAKAN

Ragam Bahasa yang digunakan dalam artikel tersebut yaitu ragam bahasa teknis

DIKSI DAN DEFINITIF

Scanner

Penerjemahan  : Pemindai

Penerapan         : Pemindai gambar ke digital

Optic

Penerjemahan : Optik

Penerapan         : Optik

Elektonic

Penerjemahan : Elektronik

Penerapan         : Sebuah alat menggunakan energi listrik

Imaging

Penerjemahan : Penggambaran

Penerapan         : Penggambaran

Transmisi

Penerjemahan : Pergerakkan

Penerapan         : Pengiriman data

PERBAIKAN KALIMAT

Dalam artikel ini menurut kami untuk ragam bahasanya sudah baik tetapi ada sedikit pemborosan kata sehingga artikel ini kurang efisien, berikut kami sampaikan perbaikannya :

Scanner adalah alat sensor cahaya untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian diproses oleh komputer, ditampilkan di monitor,serta disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke komputer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industri baru yakni electronic imaging, integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan komputer grafis yang canggih.

Topik

Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital.

Opini

Scanner merupakan salah satu perangkat input computer yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya mesin fotokopi ke dalam bentuk digital. Scanner menduplikat objek tersebut menggunakan sebuah sensor cahaya yang terdapat di dalamnya

Sekian,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s