Desain Grafis Sebagai Sarana Komunikasi


Outline :

  1. Seiring perkembangan jaman semakin maju mulu sistem berkomunikasi.
  2. Desain grafis merupakan bagian dari teknologi komputer yang memuat informasi
  3. Bentuk komunikasi visual / foto dapat dikatakan sebagai desai grafis untuk berkomunikasi
  4. Grafis merupakan bentuk komunikasi visual
  5. Kesan warna pada desain grafis mendanakan sebuah komuniaksi untuk tampil lebih menarik

 

Tulisan :

Sekarang ini semakin beragam bentuk cara berkomunukasi, mulai dengan menggunakan surat, email, website dan lain lain. Dahulu hasil pesan secara visual dikerjakan diatas kertas, lempengan batu, logam, kayu, atau yang lain yang pada permukaannya terlebih dahulu seseorang telah mengungkapkan gagasannya dalam bentuk goresan, cukilan, dan guratan. Masyarakat sudah cenderung lebih tertarik dengan sensasi yang menantang, berita tekstual sampai tampilan visual. Pengolahan warna dan komposisi yang sederhana secara visual kini tidak lagi cukup memancing perhatian, sehingga kemajuan perkembangan komputer grafis mengalami akselerasinya.

Desain grafis itu sendiri dapat diartikan sebagai upaya untuk mengalihkan gagasan kepada orang lain dalam wujud gambar yang dibuat menggunakan bantuan teknologi komputer. Komputer sebagai perangkat lunak dan keras, memiliki kemampuan yang besar dalam membuat berbagai hal yang berasal dari gagasan dan ide yang diwujudkan dengan gambar. Desain grafis adalah wujud seni grafis sejenis karya seni. Karya seni itu sendiri sangatlah luas cakupannya. Dilihat dari esensinya desain grafis lebih kepada sebuah bahasa komuniaksi visual yang penuh dengan arti.

Komunikasi visual yang paling umum dipakai adalah dalam bentuk sebuah gambar atau foto. Gambar adalah bahasa yang umum, yang dapat dimengerti dan dinikmati di mana-mana. Oleh karena itu, pepatah Cina mengatakan bahwa sebuah gambar berbicara lebih banyak dari pada seribu kata. Menyaksikan sebuah gambar/foto akan membuat banyak gagasan dan cerita yang disampaikan. Setelah menjelaskan/menceritakan yang satu, masih ada  bagian-bagian lain yang belum terceritakan walaupun hanya dari sebuah gambar/foto. Hal tersebut lebih dikenal sebagai telling story, yang berarti foto tersebut menceritakan kondisi sebenarnya dari sebuah kondisi. Gambar/foto merupakan wujud reproduksi bentuk asli dalam dua dimensi, aktual dan efektif karena dapat divisualisasikan sesuatu yang akan dijelaskan dengan lebih konkrit dan realistis. Informasi yang disampaikan dapat dimengerti dengan mudah karena dari hasil yang diragakan lebih mendekati kenyataan melalui foto yang diperlihatkan kepada seseorang, dan hasil yang diterima oleh seseorang itu akan sama.

Grafis merupakan sebuah bentuk komunikasi visual di mana dengan sebuah titik atau goresan sederhana orang dapat mengkomunikasikan pesan kepada orang lain. Istilah komunkasi grafis menjadi demikian populer, yang berasal dari Inggris, grafic communication. Menurut Freddy A. Basuki grafis dapat diartikan sebagai cara penyampaian pesan yang dicetak dalam lembar kertas. Sedangkan komunikasi diartikan sebagai penyampaiaan suatu pesan dalam bentuk lambang-lambang sebagai paduan pikiran dan perasaan yang berupa ide, gagasan yang dilakukan seseorang kepada orang lain, baik secara langsung/tatap muka maupun tidak langsung melalui media dengan tujuan mengubah sikap atau prilaku.

Warna yang pertama dilihat, warna akan membuat kesan atau mood untuk keseluruhan gambar / grafis. Warna adalah sesuatu yang sangat penting warna mampu memberikan sugesti yang mendalam dapat memberikan dampak psikologis. Dalam sebuah desain komposisi warna berarti to compose yang berarti mengarang, menyusun, atau mengubah. Dengan demikian desain grafis ini memang sangat erat kaitanya dengan komunikasi di masa sekarang ini. Hampi semua bentuk komunikasi menggunakan desain grafis, seperti poster dan brosur.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pergeseran teknologi memberikan goresan baru bagi seseorang untuk berkomunikasi dan menjadikannya lebih menarik. Desain grafis merupakan sebuah bagian terpenting dari komunikasi secara visual. Didalamnya terdapat warna , foto dan tulisan yang dapat berbicara atau menyampaikan sebuah pesan.

Referensi :

Berbagai sumber;

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s