Untung Ruginya Kecerdasan Buatan (AI)


Kecerdasan buatan mungkin masih terasa asing ditelinga kita, namun itulah sekarang fenomena yagn belakangan ini menjadi trend dan muncul ke permukaan. Sebenarnya apa sih kecerdasan buatan itu?. Kecerdasan Buatan atau bahasa inggrisnya Artificial Intelligence (AI) merupakan cabang ilmu komputer yang khusus ditujukan untuk membuat perangkat lunak dan perangkat keras yang sepenuhnya bisa menirukan beberapa fungsi otak manusia. Para insyinyur berusaha untuk membuat sebuah sistem yang mendekati dengan fungsi otak, seperti melakukan kontroler terhadap diri mesin tersebut.

Dengan demikian sebuah sistem kecerdasan buatan ini mempunyai sebuah sumber daya yang sangat mumpuni layaknya otak manusia. Namun tidak hanya itu, kecerdasan buatan dapat digunakan untuk memberikan solusi-solusi terhadap suatu permasalahn tertentu. Contohnya antara lain dalam dunia kedokteran sudah ada sebuah mesin untuk menentukan diagnosa penyakit dan obat-obatan yang dibutuhkan. Dengan adanya mesin kecerdasan buatan tersebut dokter akan mendapat dukungan saran masukan untuk menentukan sebuah penyakit ato obat-obatan yang tepat digunakan oleh pasien.

Tidak hanya itu sistem kecerdasan buatan ini juga digunakan dalam teknologi keuangan, administrasi dan robotik. Dalam sistem keuangan dan administrasi output yang dihasilkan adalah sebuah laporan , analisa dan saran kebijakan utnuk ditindak lanjuti oleh para ahli. Namun dalam dunia robotik sistem kecerdasan buatan ini digunakan layaknya memberikan otak pada sebuah robot. Sehingga robot-robot yang diberikan AI sudah dapat mengambil keputusan dan mengambil langkah-langkah yang diajarkan sebelunya.

Lalu apa seh keuntungan dari sebuah AI?, Sistem kecerdasan sangatlah membantu dalam meringankan beban kerja dari para ahli untuk mengambil keputusan sehingga sistem ini sangat dibutuhkan pada masa mendatang. Selain itu keakuratan output atau kesimpulan yang nyaris benar dan sempurna, tetapi bukan berarti AI tidak mempunyai kelemahan. Kelemahan sistem AI ini antara lain adalah mahalnya biaya pembuatan, kepakaran hanya pada satu bidang tertentu saja dan tidak mudah untu melakukan penyusunan dari sebuah sistem pakar.

Lepas dari keuntundan dan kerugian tersebut diatas ada kekwawatiran yang sangat mendalam dari benak kami yaitu tentang adanya isu robot yang dilengkapi dengai AI untuk dijadikan Militer Robot di masa depan. Isu tersebut sunggulah sangat menganggu dan harus diluruskan. Kenapa kita harus khawatir? Karena banyaknya perusahaan yang melakukan riset AI tidak pelak akan mengakibatkan perlombaan yang sengit dan mungkin akan melemahkan keamanan dari AI sehingga tidak menutup kemungkinan AI yang dikembangkan tidak memiliki batasan dan dapat bertindak diluar batas kewenangannnya. Sehingga kita harus lebih waspada terhadap pergeseran teknologi tersebut, mari bersama-sama kita pelajari AI.

 

Writtef by : Tri Resmi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s