Pengalaman Membuat Website


Pengalaman Membuat Website Sekolah SDN Harjamukti 4 Depok

 Membuat website adalah sebuah pekerjaan yang sangat sulit dan memakan waktu ektra lebih, apalagi kalau website tersebut digunakan untuk sebuah instansi tertentu yang didalamnya membuat sumber informasi. Kenapa demikian? Karena dalam pembuatan web tidaklah segampang yang kita kira selama ini. Banyak sekali hambatan dan kendala yang harus dihadapi dalam membuat website tersebut, mulai dari kesulitan mencari data dan bahan materi untuk dimasukan ke dalam website, sulitnya mendesain layout website tersebut dan terakhir adalah masalah keamanan website tersebut.

Beberapa faktor tadi menjadi bahan pemikiran yang sangat serius untuk memulai membuat website SDN Harjamukti 4 yang sedang dikerjakan menjadi tugas. Membuat web sekolah seperti ini harus diperhatikan juga masalah pendaftaran domain yang harus .sch.id. Walaupun sepele namun kesalahan pembuatan nama domain bisa menjadi citra yang buruk bagi instansi yang mempunyai website tersebut. Pengalaman yang sangat menarik dan menantang ini pun kami kerjakan dengan tim website yang berjumlah 6 orang. 

Pertama, dalam membuat website diperahatikan adalah masalah tool atau menu apa saja yang akan ditampilhan dalam website, serta bagaimana sistem grafis / layout website dibuat. Pemilihan warna menjadi sangat sulit untuk menentukan warna web sekolah ini, akhirnya didapatlah warna orange. Pemilihan warna ini dikarenakan cat tembok dan sekeliling sekolahan banyak emngandung unsur orange, sehingga dapat dikatakan senada untuk warna web sekolah ini.

Kedua, memngumpulkan data-data yang diperlukan untuk website tersebut, mulai dari visi misi sekolah, struktur organisasi sekolah, daftar guru, daftar murid, dan daftar prestasi ayng telah diraih oleh sekolah tersebut. Pengumpulan data tersebut dilakukan secara periodik mengingat keterbatasan pihak sekolah untuk menyiapkan data yang dikehendaki. Alhasil pembuatan website ini pun sampai beberapa hari karena menunggu data selesai dan diserahkan ke tim pembuat website.

Ketiga, mulai mendesain layout dan mengcoding halaman PHP yang digunakan dalam website, dalam pelaksanaannya tim menemui beberapa kendala yang sangat rumit diantaranya adalah layout yang berantakan ketika data di load dari database dan ditampilkan ke adalam halaman website, system login yang error dikarenakan perbedaan ekripsi di database dan di halaman PHP website. Beberapa kendala lain yang cukup menyita waktu adalah ketika tampilan yang disepakati ternyata kaku dalam menyajian secara nyatanya. Membuat tim bergegas menyusun strategi baru untuk memasukan scipt javascript action  dan CSS script agar tampilan lebih menarik dan bagus.

Keempat, adalah ketika website sudah selesai dan mulai diupload di web hosting dan diberi nama domain. Koneksi data base ke website yang tidak berjalan membuat tim juga mengalami kesulitan sehingga perlu menghubungi admin dari web host tersebut dan meminta penjelasan atas kejadian tersebut. Didapatlah bahwa didalam konfigurasinya mengalami kesalahan. Setelah semua selesai dan berjalan barulah tim merasa senang dan gembira karena telah menyelesaikan website tersebut.

Ternyata setelah jauh melangkah tim baru menyadari bahwa ada beberapa pengaturan ataupun module module yang belum sempurna, antara lain adalah masalak “KEAMANAN WEBSITE”. Keteledoran tim sangatlah fatal dan kurang cermat, disadari bahwa website yang sudah berjalan yaitu www.sdn-harjamukti4.sch.id saat ini sedang mengalami deface oleh seseorang, yang dialamnya memberitahukan kalau keamanan website lemah. Nah disinilah kami baru sadar, bahwa membuat website tidak selesai dengan hanya kita upload website, tetapi perlu mempertimbangkan keamanan dan administrasi web yang baik. Jujur karena setelah kami upload, kami sudah tidak lagi memantau perkembangan website, terkahir hari ini kami lihat dalam keadaaan ter “Deface”.

 Sungguh pengalaman membuat website ini menjadi pengalaman pertama yang menarik dan sangat mengesankan, karena kita akhirnya sadar bahwa segala sesuatunya harus direncanakan dan di susun serapi dan seaman mungkin. Kami lupa untuk memasukan menu “Keamanan Website” dan “Administrasi Website” ke dalam olahan website sekolah tesebut. Sehingga kesalahan fatal seperti Deface ini menjadi momentum pengingat dan menyadarkan kita bahwa, harus selalu update sistem dan melakukan test keamanan sebelum website tersebut di publish.

 

NB : Saran dan kritik utk website kami dalam di email ke resmi30@gmail.com

Salam,

Tri resmiyanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s